Fakta Kehidupan Orang Mesir Kuno Yang Jarang Diketahui



Fakta Kehidupan Orang Mesir Kuno Yang Jarang Diketahui [ www.BlogApaAja.com ]

Kawan, sejak dahulu banyak orang yang telahterpesona dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan Mesir Kuno. Negara inisudah menjadi inspirasi masyarakat di dunia, baik yang berhubungan dengankeindahan peradaban padang pasir-nya, piramidnya serta kemajuan ilmu danteknologi.

Dari hasil ngeluyur sana sini di dunia mayamaupun literatur offline, saya coba menghadirkan beberapa fakta-fakta menariktentang Mesir. Fakta-fakta ini berkaitan dengan kebudayaan Mesir Kuno dankondisi masyarakat Mesir yang mungkin saja banyak yang belum diketahui.

Fakta-fakta tersebut adalah :

1. Raja Firaun, Faktanya ia tidak pernahmembiarkan rambutnya terlihat orang lain. Ia selalu mengenakan mahkota atauhiasan kepala yang disebut Nemes (hiasan kepala kain bergaris bertahta topengemas Tutankhamen).

2. Untuk mencegah lalat mendarat pada dirinya,Raja Pepi II selalu menempatkan seorang budak telanjang di dekatnya yangtubuhnya diolesi madu.

3. Laki-laki dan wanita Mesir selalumengenakan makeup - eyepaint (riasan lukis alis), biasanya berwarna hijau (yangterbuat dari tembaga) atau berwarna hitam (yang terbuat dari timah). Merekapercaya bahwa riasan itu memiliki kekuatan penyembuhan. Awalnya riasan itudigunakan sebagai perlindungan dari chaya matahari.

4. Penggunaan antibiotik bukan dimulai di abadke-20, di kebudayaan kuno Mesir obat rakyat juga menggunakan makanan berjamuratau tanah, misalnya untuk mengobati luka infeksi diobati dengan roti berjamur.

5. Anak Mesir tidak mengenakan pakaian samasekali sampai mereka berada di usia remaja. Suhu di Mesir membuat mereka merasatidak perlu menggunakan baju. Laki-laki dewasa mengenakan rok sementara wanitamengenakan gaun.

6. Orang kaya Mesir mengenakan wig sedangkankelas-kelas lain memanjangkan rambut mereka. Sampai usia 12 tahun, anaklaki-laki Mesir mencukur habis kepala mereka dan hanya meninggalkan sedikitkuncir, alasannya sebagai perlindungan terhadap kutu.

Fakta Kehidupan Orang Mesir Kuno Yang Jarang Diketahui [ www.BlogApaAja.com ]

7. Tidak diketahui siapa yang menghancurkanhidung Sphinx. Ada sketsa Sphinx tanpa hidung tahun 1737, lebih dari 60 tahunsebelum Napoleon mencapai Mesir dan ratusan tahun sebelum tentara Inggris danJerman pada Perang Dunia ke-II.

8. Orang Mesir percaya bahwa bumi itu datardan bulat (seperti pizza) dan percaya Sungai Nil mengalir membelah bumi menjadidua bagian.

9. Tentara Mesir digunakan sebagai kekuataninternal polisi. Selain itu, mereka mengumpulkan pajak bagi Firaun.

10. Dalam setiap kuil di Mesir kuno, firaunseharusnya melaksanakan tugas dari para imam besar, tapi tempatnya biasanyadiambil oleh Imam.

11. Piramida pertama (The Step Pyramid Djoserdibangun sekitar 2600 SM) pada awalnya dikelilingi oleh dinding setinggi 34 ftyang memiliki 15 pintu. Hanya salah satu pintu yang dibuka.

12. Para wanita di Mesir kuno menikmatikesetaraan hukum dan ekonomi dengan laki-laki. Namun demikian, mereka tidakpernah menikmati kesetaraan sosial dengan laki-laki.

13. Berlawanan dengan kepercayaan populer,dari kerangka yang digali menunjukkan bahwa pembangun piramida Mesir sebenarnyamempekerjakan pekerja permanen Firaun. Graffiti menunjukkan bahwa setidaknyabeberapa dari para pekerja mengambil kebanggaan dalam pekerjaan mereka,menyebut tim mereka "Friends of Khufu," "Para pemabuk dariMenkaure," yang menunjukkan kesetiaan kepada firaun.

14. Ketika sebuah mayat di mumi, otaknya telahdiambil melalui salah satu lubang hidungnya, ususnya juga diambil danditempatkan dalam stoples disebut kanopik. Masing-masing organ ditempatkandalam stoples sendiri. Satu-satunya organ internal yang tidak diambil hanyalahhati, karena orang Mesir menganggap hati adalah pusat dari jiwa.

15. Ramses Agung memiliki 8 istri resmi danhampir 100 selir. Dia berusia lebih dari 90 tahun ketika meninggal pada 1212SM.


Follow On Twitter