Hati Hati Jangan Bermain Games Terlalu Lama



Hati Hati Jangan Bermain Games Terlalu Lama [ www.BlogApaAja.com ]

Ini yang ke sekian kalinya saya baca berita tentang seorang gamer meninggal gara-gara terlalu lama bermain games. Tragis memang, tapi mau gimana lagi namanya udah kecanduan jadi sangat susah untuk menolak melakukan.

Saya mau kasih tahu kepada teman-teman semua, yang mungkin hobby bermain games sebaiknya mulai sekarang berikan batasan waktu untuk bermain games, bukan berarti tidak boleh bermain games tetapi memberikan batasan waktu. Kenapa saya bilang demikian ? Karena ternyata kalau duduk dalam posisi sama terlalu lama bisa memicu bekuan darah dan peradangan pada pembuluh vena. Dengan begitu maka bisa mengakibatkan kematian.

Bahaya utama dari trombosis pada vena dalam tubuh adalah terlepasnya sebagian bekuan darah yang ikut aliran darah ke atas dan bersarang pada pembuluh darah dalam paru yang disebut emboli paru. Bekuan darah juga bisa mengancam nyawa jika bersarang di otak karena akan memicu stroke.

Komplikasi yang mengganggu namun tidak berbahaya adalah penyumbatan dalam vena dengan pembengkakan tungkai yang menetap. Perawatan yang dilakukan adalah penghangatan bagian yang terkena, pengangkatan kaki, serta pemakaian obat antiradang. Bisa jadi juga diperlukan perawatan di rumah sakit.

Kondisi tersebut banyak dialami oleh mereka yang lama berbaring di tempat tidur misalnya pasien operasi atau lumpuh, duduk terlalu lama di perjalanan dengan mobil atau pesawat juga bisa memicu DVT (Deep Vein Thrombosis). Karena itulah sangat disarankan untuk mengambil jeda dan berjalan-jalan meluruskan kaki saat berada dalam kendaraan.

"Sangat tidak sehat jika anak-anak menghabiskan sebagian besar waktunya bermain games. Main games memang menyenangkan tapi begitu kita main sangat sulit menghentikannya. Mereka tidak sadar hal itu bisa membunuh mereka,"

Jadi berapa lama waktu yang baik untuk kita gunakan bermain game ? Penelitian di Manchester University dan Central Lanchashire University mengatakan bahwa waktu yang baik untuk dihabiskan bermain games yaitu 18 jam per minggu (rata-rata 2.5 jam/hari).

Semoga tulisan ini bisa sebagai pegangan bagi teman-teman yang hobby bermain games

Follow On Twitter