Wow Inilah Internet Super Cepat Didunia



Perusahaan telekomunikasi Jerman, Deutsche Telekom, mengklaim telah memecahkan rekor kecepatan transfer datadi jaringan serat optik.

Wow Inilah Internet Super Cepat Didunia [ www.BlogApaAja.com ]

Kecepatan yang berhasil dicapai adalah 400 Gigabit perdetik (Gbps), dilakukan di kanal tunggal jaringan fiberoptik. Rekor tersebut dua kali lebih tinggi dibandingkecepatan yang pernah dicapai para peneliti di AmerikaSerikat dan Kanada tahun lalu, yaitu sebesar 186 Gbps.

Deutsche Telekom menegaskan bahwa rekor tersebut dilakukan untuk transfer data jarak jauh dan di luar laboratorium.

Eksperimen dilakukan dengan mengirim data melaluijaringan milik perusahaan yang terbentang antara Berlindan Hanover, berjarak sekitar 734 km.

Dalam eksperimen, perusahaanberhasil mengirim maksimal 512 Gbps data di tiap kanal, dimana 400 Gbps adalah data yang terpakai, sementarakapasitas sisanya digunakan untukerror correction.Hal itu setara dengan transmisi 77 keping CD musiksecara simultan dalam satu detik.

Serat optik yang ukuranya lebih tipis dari sehelai rambut manusia, mampu membawa total 48 kanal, sehingga mampu menghasilkan kecepatan sampai 24,6 Tbps (terabit per detik), atau setara dengan 3,696 CD per detik.

Perusahaan menjelaskan, keberhasilan tersebut tercapaiberkat kerjasama dengan Alcatel Lucent yang membuat teknologi baru yang diinstal di masing-masingterminal stationdi setiap ujung serat optik.

Kecepatan sebesar itu dicapai setelah dilakukan penyempurnaan pada software yang digunakan untuk keperluanforwarderror correction-- sebuah teknik yang menyandikan dan kemudian membongkar sandi data, memungkinkan hanya sedikit bit-bit rusak yang harus dikoreksi tanpa harus mengirim ulang informasinya.

Perusahaan kini berencana mengembangkan teknologi untukmemastikan pengguna dapat menikmati layanan tanpa batas.

(Ni Ketut Susrini)

Follow On Twitter